Categories
Kesehatan

Dapatkan Cerdas Tentang Emosi

Dapatkan Cerdas Tentang Emosi

Menumbuhkan kecerdasan emosional

Dapatkan Cerdas Tentang Emosi

Emosi adalah bagian penting dan tak terhindarkan dari menjadi manusia. Karena itu, mereka membutuhkan perhatian dan perhatian kita. Untungnya, kecerdasan emosional dapat dipelajari, dipraktikkan, dan dipelihara pada segala usia atau tahap kehidupan.

Musim liburan memberi kita berbagai emosi yang meningkat: api yang berderak dapat memicu kepuasan yang mendalam, tuan rumah keluarga dan teman-teman dapat menginspirasi kegembiraan dan kecemasan, dan mengantisipasi Tahun Baru dapat membawa rasa ingin tahu dan optimisme. Dengan semua emosi ini dalam campuran liburan, ini adalah waktu yang tepat untuk memperhatikan, dan memelihara, kecerdasan emosional kita.

Apa itu emosi?

Mari kita luangkan waktu singkat untuk mendefinisikan kata emosi. Mungkin Anda pernah berpikir, “Emosi adalah apa yang kita rasakan.” Meskipun ini benar, emosi adalah respons kompleks terhadap situasi atau diri kita sendiri yang juga memengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku, melibatkan tubuh dan pikiran kita.

Apa itu kecerdasan emosi?

Kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan kita untuk memahami dan secara efektif menggunakan emosi kita yang berbeda. Menurut Gill Hasson, seorang guru, pelatih karier, dan penulis Emotional Intelligence Pocketbook (Wiley, 2017), “Ini bukan tentang mengendalikan emosi Anda, yang menyiratkan bahwa Anda menahan, menekan, atau menyangkal mereka.” Sebaliknya, ini tentang “Mengelola emosi Anda, yang melibatkan fleksibilitas dengan pemikiran, perilaku, dan respons Anda, dan bersikap terbuka untuk tetap dengan perasaan — menyenangkan dan tidak menyenangkan.”

Kita dapat belajar dan mempraktikkan keterampilan kecerdasan emosional pada segala usia atau tahap kehidupan. Ini adalah berita baik, mengingat bahwa kecerdasan emosional terkait dengan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, dan kepuasan hidup secara keseluruhan.

Hasson menambahkan, “Sejauh mana Anda dapat memahami dan mengelola emosi Anda sendiri memengaruhi kemampuan Anda untuk memahami dan mengelola emosi orang lain” —hanya yang kita butuhkan selama waktu yang meningkat dengan keluarga, teman, dan kolega selama musim liburan!

Meningkatkan kecerdasan emosional

Jadikan semua emosi sebagai teman Anda

Kita sering menganggap emosi baik atau buruk, seperti kebahagiaan versus kesedihan. Namun, semua emosi berharga dalam memberikan informasi tentang apa yang kita alami dan apa yang mungkin kita butuhkan.

Beri nama mereka untuk mengklaimnya

Satu studi menemukan bahwa memasukkan perasaan ke dalam kata-kata membuat kesedihan, kemarahan, dan rasa sakit tidak terlalu intens. Memberi label emosi kita tanpa penilaian menciptakan jarak darinya dan mengingatkan kita bahwa emosi itu bersifat sementara. Ingatlah bahwa kita dapat merasakan lebih dari satu emosi sekaligus; misalnya, merasa bahagia saat kita melakukan kegiatan liburan sambil bersedih karena kita mengakui orang yang kita cintai yang tidak lagi bersama kita untuk merayakannya.

Gunakan tubuh Anda

Memberi perhatian pada tubuh kita dapat menawarkan informasi emosional yang penting. Sebagai contoh, jantung yang berdetak bisa memberi tahu kita bahwa kita merasa cemas. Untuk menumbuhkan ketenangan, cobalah “setengah tersenyum” —sebuah teknik yang diperkenalkan oleh Dr. Marsha Lineham, pendiri terapi perilaku dialektik. Untuk setengah tersenyum, rilekskan wajah dan bahu Anda dan sedikit meninggikan sudut mulut Anda (pikirkan senyuman Mona Lisa, yang mungkin terasa lebih alami daripada seringai bergigi besar).

Tersenyum sepanjang hari (hal pertama di pagi hari, ketika teriritasi, saat bermeditasi, atau hanya ketika Anda memiliki waktu luang) diperkirakan menciptakan perubahan di otak yang dapat membantu kita merasa lebih tenang dan lebih bahagia. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyum benar-benar menular dan dapat membuat orang di sekitar kita lebih ceria juga!

Jelajahi “mengapa”

Begitu kita menamai emosi kita dan memeriksa tubuh kita, kita dapat mulai menyelidiki mengapa kita mungkin merasakan apa yang kita rasakan. Misalnya, apakah kita mudah marah karena kita kewalahan, butuh dukungan, atau sekadar lapar?

Kita dapat menjelajahi “mengapa” untuk mempraktikkan empati dan memahami orang lain juga, bertanya pada diri sendiri: “Mengapa orang ini merasakan seperti dia? Apa yang dia hadapi yang mungkin tidak kulihat? Dalam hal apa dia mungkin merasa berbeda dari saya? ”

Herbal dan suplemen untuk mendukung kesehatan emosional

Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan emosional dapat membuat kita kurang rentan terhadap flu dan flu; coba saran berikut, milik praktisi pengobatan Tiongkok tradisional Nicole Davies, untuk mendukung keseimbangan emosional. Ingat, selalu berkonsultasi dengan praktisi kesehatan sebelum digunakan.

RHODIOLA ROSEA dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

L-THEANINE dapat meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi stres.

Kecerdasan emosional dan anak-anak

Bagaimana jika kita menghabiskan banyak waktu mengajar kecerdasan emosi seperti yang kita lakukan matematika atau sejarah? Sebuah studi baru-baru ini menyelidiki 82 program sekolah yang mengajarkan kecerdasan emosi kepada lebih dari 97.000 siswa.

Partisipasi dikaitkan tidak hanya dengan hasil langsung, seperti peningkatan kesehatan mental, keterampilan sosial, dan hasil pembelajaran, tetapi juga manfaat jangka panjang, seperti tingkat kelulusan perguruan tinggi yang lebih tinggi dan tingkat yang lebih rendah dari masalah narkoba, perilaku, dan masalah kesehatan mental.

Meskipun sekolah adalah tempat yang bagus untuk menumbuhkan kecerdasan emosional, rumah adalah tempat kecerdasan emosional mulai tumbuh. Menurut Melody Schalm, seorang pendidik pembelajaran sosial dan emosional dan pendiri Kind Kids, “Kecerdasan emosional adalah kumpulan keterampilan yang, seperti semua keterampilan, dapat dilatih.” Dia menambahkan, “Penting untuk mengajarkan keterampilan ini sedini mungkin. ”

Berikut adalah beberapa cara untuk memelihara kecerdasan emosional di rumah.

Waktu cerita

Penulis Gil Hasson menyarankan berhenti sesekali selama cerita untuk membahas perasaan para karakter. Misalnya, tanyakan, “Menurut Anda, bagaimana perasaan Jasper saat ini?” Dan “Lihatlah wajah dan tubuh Jasper — bagaimana ini menunjukkan bahwa ia merasa takut?”

Kefanaan

Hasson menyarankan membantu anak-anak memahami bahwa perasaan mereka tentang suatu situasi dapat berubah. (“Dale, aku pikir kamu merasa sedih sekarang dan ingin sendirian. Tapi nanti kamu mungkin merasa berbeda, sehingga kamu bisa datang dan bergabung dengan anak-anak lain saat itu.”)

Dia juga merekomendasikan mengajar anak-anak bahwa orang mungkin memiliki perasaan yang berbeda tentang situasi yang sama (“Genevieve bersemangat ketika ada badai, tetapi Anton takut”) dan membahas mengapa mereka berpikir ini mungkin.

Perawatan diri orang tua

Schalm menekankan bahwa “anak-anak kita adalah spons untuk keadaan emosi kita: jika kita stres dan cemas, kemungkinan besar mereka juga.” Jadi, dia menambahkan, “Memelihara kesehatan emosi kita sendiri adalah salah satu hal paling penting yang dapat kita lakukan. ”

Dia menyarankan untuk mengambil “momen penuh perhatian” pada siang hari menggunakan akronim “BERHENTI.” Yaitu: Berhenti, ambil napas dalam-dalam (atau dua), Amati perasaan Anda, dan Lanjutkan. “Ingat untuk berhenti dalam panasnya situasi yang penuh tekanan dapat memberi kita cukup ruang untuk mencegah kita berteriak pada anak-anak kita atau terlibat dalam perilaku tidak membantu lainnya,” katanya.

Tingkatkan kosa kata emosional Anda

Memperluas jangkauan “kata perasaan” kami dapat membantu kami lebih akurat mengartikulasikan apa yang kami alami.

Apakah kamu sedih?

Atau apakah Anda suram, putus asa, kecewa, kecewa, sedih, putus asa, tak berdaya, sedih, atau kesepian?

Apa kamu senang?

Atau apakah Anda puas, senang, gembira, gembira, senang, senang, puas, nyaman, bahagia, atau gembira?

Apakah kamu marah?

Atau apakah Anda kesal, kesal, marah, marah, frustrasi, marah, marah, marah, jengkel, tidak puas, atau terganggu?

beranda

Apakah Sendi Anda Capai?