Categories
Kesehatan

Pilih untuk Optimisme

Pilih untuk Optimisme

Pelajari cara meringankan pandangan Anda

Pilih untuk Optimisme

Pernahkah Anda memandang dengan kagum, atau dengan iri hati, pada kepositifan orang lain? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa teman atau anggota keluarga tertentu tampak unik? Ternyata optimisme adalah keterampilan yang bisa dipelajari.

Bagaimana Anda menjelaskan kepada diri sendiri mengapa situasi berjalan seperti itu? Gaya penjelasan kami dapat condong ke arah optimis (penuh harap) atau pesimis (sinis). Tahukah Anda optimisme adalah keterampilan yang bisa dipelajari?

Pernahkah Anda memandang dengan kagum, atau dengan iri hati, pada kepositifan orang lain? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa teman atau anggota keluarga tertentu tampak unik? Bagaimana mungkin beberapa rekan kerja tampak alami ringan? Optimisme bukan hanya genetika atau keberuntungan; itu adalah keterampilan yang memberdayakan — yang memiliki banyak manfaat bagi kesejahteraan kita.

Harapan yang mencerahkan

Sederhananya, optimis adalah orang-orang yang percaya hal-hal baik akan terjadi pada mereka; pesimis adalah orang yang percaya hal buruk akan terjadi pada mereka. Optimisme adalah “harapan positif dan sikap penuh harapan yang kami bawa ke pengalaman kami,” jelas Dr. Diana Brecher, Positive Psychology Scholar-in-Residence dengan Urusan Kemahasiswaan Universitas Ryerson, dan inovator di balik inisiatif ketahanan ThriveRU di seluruh kampus Ryerson.

Gaya penjelasan

Gaya penjelasan kami adalah cara kami menjelaskan berbagai hal — peristiwa, keadaan, dan konsekuensi — kepada diri sendiri. Suara hati kita yang berdentang tentang apakah, misalnya, kita berhak atas apa pun yang baik yang baru saja terjadi.

Terinspirasi oleh karya psikolog positif terkenal Dr. Martin Seligman, Brecher menjelaskan bagaimana gaya penjelasan adalah “cara-cara di mana kita menghubungkan sebab dan akibat. Orang yang optimis dan pesimis menafsirkan peristiwa yang sama secara berbeda dan menghubungkan kausalitas dengan cara yang berlawanan. ”

Pandangan optimis

Seorang yang optimis akan mengenali peran mereka dalam membina hasil yang baik, percaya bahwa itu bisa berlanjut, dan melihat efek positif itu menanamkan area lain dalam kehidupan mereka. Ketika sesuatu yang tidak menyenangkan atau negatif terjadi, seorang optimis memahami ini sebagai sementara dan khusus untuk situasi.

Perspektif pesimis

Seorang pesimis, sebaliknya, akan menjelaskan hal-hal baik yang terjadi sebagai berumur pendek dan kebetulan; dalam nada yang sama, seorang pesimis percaya bahwa peristiwa negatif adalah permanen, meresap, dan sebagian besar kesalahan mereka atau bahkan pantas.

Perspektif berlatih

Menggerakkan pemutar ke arah optimisme bukan tentang menghindari tanggung jawab atas kerugian yang kita sebabkan atau menyederhanakan semua peristiwa kehidupan menjadi “baik” atau “buruk”; optimisme juga tidak diperuntukkan bagi mereka dengan tuntutan atau stres yang lebih sedikit. Optimisme adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan komponen kunci untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

Lebih bahagia dan sehat

Penelitian menunjukkan bahwa optimisme dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan kita. Pertama, karena optimisme adalah kebalikan dari keputusasaan, optimis mungkin kurang berisiko terhadap gangguan depresi. Terlebih lagi, ada bukti untuk menunjukkan bahwa optimis lebih tangguh dalam menghadapi peristiwa kehidupan yang penuh tekanan. Sederhananya, pandangan optimis dapat membantu kita mengatasinya.

Optimisme adalah faktor perlindungan bagi kesehatan mental dan fisik. Itu tidak hanya dapat bertindak sebagai penyangga untuk tekanan dan kerepotan sehari-hari, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pelampung selama peristiwa kehidupan terberat, termasuk penyakit atau penyakit. Studi demi studi menunjukkan pandangan optimis dapat meningkatkan kesehatan fisik, dari peningkatan fungsi kekebalan tubuh hingga pemulihan lebih cepat dari penyakit, belum lagi umur panjang — optimis juga hidup lebih lama!

Optimisme dan kesuksesan

Penelitian juga menggarisbawahi bagaimana optimis menunjukkan tingkat upaya yang lebih tinggi untuk mencapai tujuan mereka, sedangkan pesimis lebih mungkin untuk menarik atau melepaskan diri dari upaya mencapai tujuan. Studi siswa, dan pengusaha, keduanya mengungkapkan manfaat mengadopsi pandangan optimis. Lebih lanjut, penelitian atlet mengungkapkan bahwa optimisme adalah variabel yang sangat penting dalam memprediksi kesuksesan.

Jadi mengapa tidak? Pilihlah optimisme dan berlatih melihat gelas setengah penuh!

Balikkan bingkai Anda

Memegang pandangan optimis adalah keterampilan. Langkah pertama adalah “perhatikan bahwa Anda telah default ke dalam kerangka referensi pesimistis Anda. Lalu, miliki enam pertanyaan ini berguna. Anda dapat memobilisasi diri untuk bertindak dengan menjawabnya, ”jelas Dr. Diana Brecher, Cendekiawan Psikologi Positif dengan Urusan Kemahasiswaan Universitas Ryerson.

Enam pertanyaan Brecher dapat membantu orang beralih dari yang pesimistis ke kerangka referensi yang optimistis.

Dia mendorong orang-orang di saat yang baik untuk bertanya:

1. Peran apa yang saya mainkan dalam mewujudkan hal ini?
2. Bagaimana saya bisa membuat masa-masa indah berlanjut?
3. Apa yang bisa saya lakukan agar tumpahan ini masuk ke aspek kehidupan saya yang lain?

Untuk memperdalam praktik optimis ini, Brecher mengundang orang untuk bertanya pada diri sendiri di saat-saat yang buruk:

1. Dengan cara apa ini juga tanggung jawab orang lain atau keadaan di luar kendali saya?
2. Bagaimana saya bisa menjaga ini sementara?
3. Apa yang harus saya lakukan untuk menahan kerusakan efek jangka panjang dari peristiwa ini?

beranda

Kesehatan Alami A-Z